Pengertian Media Komunikasi
Komunikasi adalah proses yang menyangkut hubungan manusia dengan lingkungan sekitarnya. Tanpa komunikasi manusia jadi terpisah dari lingkungan. Namun tanpa lingkungan komunikasi menjadi kegiatan yang tidak relevan. Dengan kata lain manusia berkomunikasi karena perlu mengadakan hubungan dengan lingkungannya. Dalam berkomunikasi,manusia tentunya memerlukan media komunikasi.
Media komunikasi adalah semua sarana yang dipergunakan untuk memproduksi, mereproduksi, mendistribusikan atau menyebarkan dan menyampaikan informasi. Media komunikasi sangat berperan dalam kehidupan masyarakat. Proses pengiriman informasi di zaman keemasan ini sangat canggih. Teknologi telekomunikasi paling dicari untuk menyampaikan atau mengirimkan informasi ataupun berita karena teknologi telekomunikasi semakin berkembang, semakin cepat, tepat, akurat, mudah, murah, efektif dan efisien. Berbagi informasi antar Benua dan Negara di belahan dunia manapun semakin mudah.
Fungsi Media Komunikasi
a. Efektifitas: dengan media komunikasi mempermudah kelancaran penyampaian informasi.
b. Efisiensi: dengan menggunakan media komunikasi mempercepat penyampaian informasi.
c. Konkrit: dengan menggunakan media komunikasi membantu mempercepat isi pesan yang
bersifat abstrak.
d. Motivatif: den
Komunikasi adalah proses yang menyangkut hubungan manusia dengan lingkungan sekitarnya. Tanpa komunikasi manusia jadi terpisah dari lingkungan. Namun tanpa lingkungan komunikasi menjadi kegiatan yang tidak relevan. Dengan kata lain manusia berkomunikasi karena perlu mengadakan hubungan dengan lingkungannya. Dalam berkomunikasi,manusia tentunya memerlukan media komunikasi.
Media komunikasi adalah semua sarana yang dipergunakan untuk memproduksi, mereproduksi, mendistribusikan atau menyebarkan dan menyampaikan informasi. Media komunikasi sangat berperan dalam kehidupan masyarakat. Proses pengiriman informasi di zaman keemasan ini sangat canggih. Teknologi telekomunikasi paling dicari untuk menyampaikan atau mengirimkan informasi ataupun berita karena teknologi telekomunikasi semakin berkembang, semakin cepat, tepat, akurat, mudah, murah, efektif dan efisien. Berbagi informasi antar Benua dan Negara di belahan dunia manapun semakin mudah.
Fungsi Media Komunikasi
a. Efektifitas: dengan media komunikasi mempermudah kelancaran penyampaian informasi.
b. Efisiensi: dengan menggunakan media komunikasi mempercepat penyampaian informasi.
c. Konkrit: dengan menggunakan media komunikasi membantu mempercepat isi pesan yang
bersifat abstrak.
d. Motivatif: den

Pengertian
visual. Definisi visual. Visual adalah. Pengertian media visual. Arti visual.
Definisi komunikasi visual. Maksud visual.
Pengertian
komunikasi visual. Pengertian media visual menurut para ahli. Pengertian
aktivitas belajar menurut para ahli. Pengertian media komunikasi visual. Visual
management adalah. Pengertian media menurut para ahli. Pengertian penglihatan.
Pengertian
kata visual. Pengertian indera penglihatan. Pengertian visual menurut para
ahli. Pengertian komunikasi visual menurut para ahli. Definisi media visual.
Pengertian media visual dalam pembelajaran. Pengertian indera pendengaran.
Definisi
penglihatan. Definisi para ahli media pembelajaran. Pengertian indera. Arti
kata visual. Apa arti visual. Maksud komunikasi visual. Arti dari visual.
Pengertian
auditori. Defenisi visual. Yang dimaksud media visual. Pengertian dari visual.
Pengertian bahasa visual. Definisi media komunikasi visual. Artikel media
visual.
Arti
komunikasi visual. Definisi komunikasi visual menurut para ahli. Komunikasi
visual adalah. Pengertian indra pendengaran. Komunikasi visual definisi.
Pengertian aktivitas belajar. Visual management.
Konsep media
komunikasi. Apakah maksud visual. Maksud visual auditori. Artikel media
pembelajaran visual. Definisi media pembelajaran menurut para ahli. Pengertian
aktivitas indra pencium. Pengertian pembelajaran visual.
Pengertian
mata. Arti media visual. Artikel visual. Definisi diskriminasi menurut para
ahli. Visual. Arti visual management. Devinisi visual.
Visual
menurut para ahli. Definisi indera penglihatan. Pengertian diskriminasi menurut
para ahli. Difinisi visual. Ahli visual. Apa yang di maksud visual. Pengertian
budaya visual.
Apa yang
dimaksud dengan visual. Maksud dari visual. Definisi diskriminasi. Definisi
visual menurut pakar. Pengertian fisual. Definisi media visual menurut para
ahli. Pengertian visua.
Pengertian
visual dalam bahasa indonesia. Definasi visual. Definisi visual menurut para
ahli. Pengertian indera penciuman. Pengertian indra. Pengertian aktivitas
visual. Konsep komunikasi visual.
Media visual
adalah. Indra visual adalah. Komunikasi media visual. Pengertian penciuman.
Pengertian komunikasi dalam media visual. Maksud media visual. Media visual menurut
para ahli.
Visual
definisi. Apa yang di maksud dengan visual. Pengertian visual dan contohnya.
Pengertian visual adalah. Definisi budaya visual. Visual arti. Visual
pengertian.
Apa itu
visual management. Yg di maksud cara visual. Definisi maksut. Penglihatan
visual. Pengertian indra penglihatan. Gambar visual adalah. Pegertian visual.
Apa maksud
visual. Definisi auditori visual.
Pengertian Media Komunikasi dan Audio-Visual
Media
berarti wadah atau sarana. Dalam bidang komunikasi, istilah media yangsering
kita sebut sebenarnya adalah penyebutan singkat dari media komunikasi.Media
komunikasi sangat berperan dalam mempengaruhi perubahan masyarakat.Televisi dan
radio adalah contoh media yang paling sukses menjadi pendorong perubahan.
Audio-visual juga dapat menjadi media komunikasi. Penyebutan audio-visual
sebenarnya mengacu pada indra yang menjadi sasaran dari media tersebut.Media
audiovisual mengandalkan pendengaran dan penglihatan dari khalayak sasaran
(penonton). Produk audio-visual dapat menjadi media dokumentasi dan
dapat juga menjadi media komunikasi. Sebagai media dokumentasi tujuan yang
lebihutama adalah mendapatkan fakta dari suatu peristiwa. Sedangkan sebagai
mediakomunikasi, sebuah produk audio-visual melibatkan lebih banyak elemen
media danlebih membutuhkan perencanaan agar dapat mengkomunikasikan sesuatu.
Filmcerita, iklan, media pembelajaran adalah contoh media audio-visual yang
lebihmenonjolkan fungsi komunikasi. Media dokumentasi sering menjadi salah
satuelemen dari media komunikasi. Karena melibatkan banyak elemen media,
maka produk audio-visual yang diperuntukkan sebagai media komunikasi kini
seringdisebut sebagai multimidia.
KELEBIHAN DAN KELEMAHAN MEDIA ( AUDIO, CETAK, FOTO/GAMBAR,VISUAL, DAN
ONLINE)1. MEDIA SUARA/AUDIO (RADIO)Media suara atau audio identik dengan media radio yang
memang pendengarnya hanya bisamenikmati
suara saja tanpa ada visualisasi ataupun teks.Kelebihan Media suara atau audio
(Radio) adalah:a) dalam hal penyampaian informasi atau berita lebih cepat
bahkan bisa saat itu juga. b) Biasanya media ini bisa dinikmati
sambil melakukan aktifitas yang lainnya. Jadi pendengar tidak harus
memantau di depan radio, tetapi bisa menemani aktifitas pendengarnya di mana pun.c) Biaya produksi ataupun biaya
yang diperlukan khalayak untuk mendengarkan radio relatif murah, bahkan bisa di dengar tanpa menggunakan
listrik tetapi menggunakan baterai. Halinilah mengapa sampai sekarang
radio masih digemari oleh khalayak apalagi yang ada di pedesaan.d) Pendengar yang buta huruf pun bisa memahami apa
yang disampaikan oleh siaran radio.Jadi
khalayak yang tidak berpendidikan pun bisa menikmati media ini, berbeda dengan
koranyang memang khalayaknya harus bisa membaca.e) Bahasa yang digunakan
bersifat bahasa tutur, jadi mudah dimengerti oleh pendengarnya.f) Pendengar
tidak terbatas baik dari segi umur, pendidikan, wilayah dan sebagainya.Meskipun
sekarang sudah banyak radio yang tersegmentasi.Adapun untuk kekurangan Media suara atau audio ( Radio ) adalah:a)
informasi yang disampaikan hanya sekilas dan tidak bisa diulang, jadi pendengar
tidak bisa mengerti secara detail
tentang berita yang disampaikan, karena memang bahasanyasederhana dan tidak
didukung oleh visualisasi. Pendengar hanya bisa membayangkan saja. b)
Jumlah berita yang disampaikan oleh radio terbatas, tidak sebanyak media cetak(
koran).Dalam waktu satu jam mungkin hanya
tersaji 2 atau 3 berita, itu pun berita yang paling penting dan
sensasional.c) Karena radio penyebarannya
melalui alat pemancar, maka khalayak pun juga hanya bisamenikmati radio selama
terjangkau oleh daya pancar radio tersebut. Apalagi kalau cuaca
Pengertian Media Komunikasi dan Audio-Visual
Media berarti wadah atau sarana. Dalam bidang komunikasi, istilah media yang sering kita sebut sebenarnya adalah penyebutan singkat dari media komunikasi. Media komunikasi sangat berperan dalam mempengaruhi perubahan masyarakat. Televisi dan radio adalah contoh media yang paling sukses menjadi pendorong perubahan. Audio-visual juga dapat menjadi media komunikasi. Penyebutan audio-visual sebenarnya mengacu pada indra yang menjadi sasaran dari media tersebut. Media audiovisual mengandalkan pendengaran dan penglihatan dari khalayak sasaran (penonton). Produk audio-visual dapat menjadi media dokumentasi dan dapat juga menjadi media komunikasi. Sebagai media dokumentasi tujuan yang lebih utama adalah mendapatkan fakta dari suatu peristiwa. Sedangkan sebagai media komunikasi, sebuah produk audio-visual melibatkan lebih banyak elemen media dan lebih membutuhkan perencanaan agar dapat mengkomunikasikan sesuatu. Film cerita, iklan, media pembelajaran adalah contoh media audio-visual yang lebih menonjolkan fungsi komunikasi. Media dokumentasi sering menjadi salah satu elemen dari media komunikasi. Karena melibatkan banyak elemen media, maka produk audio-visual yang diperuntukkan sebagai media komunikasi kini sering disebut sebagai multimedia.

Pada masyarakat yang masih terbelakang (belum berbudaya baca-tulis) elemenelemen multimedia tidak seluruhnya secara optimal menunjang komunikasi. Masyarakat terbelakang hanya mengenal gambar dan suara. Pada masyarakat modern seluruh elemen multimedia menjadi sangat vital dalam membangun kesatuan dan memperkaya informasi. Suara, teks, gambar statis, animasi dan video harus diperhitungkan sedemikian rupa penampilannya, sehingga dapat menyajikan informasi yang sesuai dengan ciri khas masyarakat modern yakni efektif dan efisien. Untuk kepentingan efektifitas dan efisiensi inilah kemudian muncul istilah multimedia yang bersifat infotainment (informatif sekaligus menghibur) dan multilayer (beberapa lapis tampil pada saat yang sama). Saat menyaksikan tayangan TV masyarakat telah terbiasa melihat sinetron sambil mencermati tambahan berita dalam bentuk teks yang bergerak di bagian bawah layar TV, dan sesekali melirik logo perusahaan TV di pojok atas.
Media berarti wadah atau sarana. Dalam bidang komunikasi, istilah media yang sering kita sebut sebenarnya adalah penyebutan singkat dari media komunikasi. Media komunikasi sangat berperan dalam mempengaruhi perubahan masyarakat. Televisi dan radio adalah contoh media yang paling sukses menjadi pendorong perubahan. Audio-visual juga dapat menjadi media komunikasi. Penyebutan audio-visual sebenarnya mengacu pada indra yang menjadi sasaran dari media tersebut. Media audiovisual mengandalkan pendengaran dan penglihatan dari khalayak sasaran (penonton). Produk audio-visual dapat menjadi media dokumentasi dan dapat juga menjadi media komunikasi. Sebagai media dokumentasi tujuan yang lebih utama adalah mendapatkan fakta dari suatu peristiwa. Sedangkan sebagai media komunikasi, sebuah produk audio-visual melibatkan lebih banyak elemen media dan lebih membutuhkan perencanaan agar dapat mengkomunikasikan sesuatu. Film cerita, iklan, media pembelajaran adalah contoh media audio-visual yang lebih menonjolkan fungsi komunikasi. Media dokumentasi sering menjadi salah satu elemen dari media komunikasi. Karena melibatkan banyak elemen media, maka produk audio-visual yang diperuntukkan sebagai media komunikasi kini sering disebut sebagai multimedia.

Pada masyarakat yang masih terbelakang (belum berbudaya baca-tulis) elemenelemen multimedia tidak seluruhnya secara optimal menunjang komunikasi. Masyarakat terbelakang hanya mengenal gambar dan suara. Pada masyarakat modern seluruh elemen multimedia menjadi sangat vital dalam membangun kesatuan dan memperkaya informasi. Suara, teks, gambar statis, animasi dan video harus diperhitungkan sedemikian rupa penampilannya, sehingga dapat menyajikan informasi yang sesuai dengan ciri khas masyarakat modern yakni efektif dan efisien. Untuk kepentingan efektifitas dan efisiensi inilah kemudian muncul istilah multimedia yang bersifat infotainment (informatif sekaligus menghibur) dan multilayer (beberapa lapis tampil pada saat yang sama). Saat menyaksikan tayangan TV masyarakat telah terbiasa melihat sinetron sambil mencermati tambahan berita dalam bentuk teks yang bergerak di bagian bawah layar TV, dan sesekali melirik logo perusahaan TV di pojok atas.
0 komentar:
Posting Komentar