Kamis, 24 Oktober 2013

Pengertian Media Komunikasi

Komunikasi adalah proses yang menyangkut hubungan manusia dengan lingkungan sekitarnya. Tanpa komunikasi manusia jadi terpisah dari lingkungan. Namun tanpa lingkungan komunikasi menjadi kegiatan yang tidak relevan. Dengan kata lain manusia berkomunikasi karena perlu mengadakan hubungan dengan lingkungannya. Dalam berkomunikasi,manusia tentunya memerlukan media komunikasi.
Media komunikasi adalah semua sarana yang dipergunakan untuk memproduksi, mereproduksi, mendistribusikan atau menyebarkan dan menyampaikan informasi. Media komunikasi sangat berperan dalam kehidupan masyarakat. Proses pengiriman informasi di zaman keemasan ini sangat canggih. Teknologi telekomunikasi paling dicari untuk menyampaikan atau mengirimkan informasi ataupun berita karena teknologi telekomunikasi semakin berkembang, semakin cepat, tepat, akurat, mudah, murah, efektif dan efisien. Berbagi informasi antar Benua dan Negara di belahan dunia manapun semakin mudah.

Fungsi Media Komunikasi

a. Efektifitas: dengan media komunikasi mempermudah kelancaran penyampaian informasi.
b. Efisiensi: dengan menggunakan media komunikasi mempercepat penyampaian informasi.
c. Konkrit: dengan menggunakan media komunikasi membantu mempercepat isi pesan yang
bersifat abstrak.
d. Motivatif: den
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcThdVpPZIZHL0sm7DQAxtLrAf_izqffUTOQEueoEzQniyfRmy-mPengertian komunikasi visual





Pengertian visual. Definisi visual. Visual adalah. Pengertian media visual. Arti visual. Definisi komunikasi visual. Maksud visual.
Pengertian komunikasi visual. Pengertian media visual menurut para ahli. Pengertian aktivitas belajar menurut para ahli. Pengertian media komunikasi visual. Visual management adalah. Pengertian media menurut para ahli. Pengertian penglihatan.
Pengertian kata visual. Pengertian indera penglihatan. Pengertian visual menurut para ahli. Pengertian komunikasi visual menurut para ahli. Definisi media visual. Pengertian media visual dalam pembelajaran. Pengertian indera pendengaran.
Definisi penglihatan. Definisi para ahli media pembelajaran. Pengertian indera. Arti kata visual. Apa arti visual. Maksud komunikasi visual. Arti dari visual.
Pengertian auditori. Defenisi visual. Yang dimaksud media visual. Pengertian dari visual. Pengertian bahasa visual. Definisi media komunikasi visual. Artikel media visual.
Arti komunikasi visual. Definisi komunikasi visual menurut para ahli. Komunikasi visual adalah. Pengertian indra pendengaran. Komunikasi visual definisi. Pengertian aktivitas belajar. Visual management.
Konsep media komunikasi. Apakah maksud visual. Maksud visual auditori. Artikel media pembelajaran visual. Definisi media pembelajaran menurut para ahli. Pengertian aktivitas indra pencium. Pengertian pembelajaran visual.
Pengertian mata. Arti media visual. Artikel visual. Definisi diskriminasi menurut para ahli. Visual. Arti visual management. Devinisi visual.
Visual menurut para ahli. Definisi indera penglihatan. Pengertian diskriminasi menurut para ahli. Difinisi visual. Ahli visual. Apa yang di maksud visual. Pengertian budaya visual.
Apa yang dimaksud dengan visual. Maksud dari visual. Definisi diskriminasi. Definisi visual menurut pakar. Pengertian fisual. Definisi media visual menurut para ahli. Pengertian visua.
Pengertian visual dalam bahasa indonesia. Definasi visual. Definisi visual menurut para ahli. Pengertian indera penciuman. Pengertian indra. Pengertian aktivitas visual. Konsep komunikasi visual.
Media visual adalah. Indra visual adalah. Komunikasi media visual. Pengertian penciuman. Pengertian komunikasi dalam media visual. Maksud media visual. Media visual menurut para ahli.
Visual definisi. Apa yang di maksud dengan visual. Pengertian visual dan contohnya. Pengertian visual adalah. Definisi budaya visual. Visual arti. Visual pengertian.
Apa itu visual management. Yg di maksud cara visual. Definisi maksut. Penglihatan visual. Pengertian indra penglihatan. Gambar visual adalah. Pegertian visual.
Apa maksud visual. Definisi auditori visual.


 
Pengertian Media Komunikasi dan Audio-Visual
Media berarti wadah atau sarana. Dalam bidang komunikasi, istilah media yangsering kita sebut sebenarnya adalah penyebutan singkat dari media komunikasi.Media komunikasi sangat berperan dalam mempengaruhi perubahan masyarakat.Televisi dan radio adalah contoh media yang paling sukses menjadi pendorong perubahan. Audio-visual juga dapat menjadi media komunikasi. Penyebutan audio-visual sebenarnya mengacu pada indra yang menjadi sasaran dari media tersebut.Media audiovisual mengandalkan pendengaran dan penglihatan dari khalayak sasaran (penonton). Produk audio-visual dapat menjadi media dokumentasi dan dapat juga menjadi media komunikasi. Sebagai media dokumentasi tujuan yang lebihutama adalah mendapatkan fakta dari suatu peristiwa. Sedangkan sebagai mediakomunikasi, sebuah produk audio-visual melibatkan lebih banyak elemen media danlebih membutuhkan perencanaan agar dapat mengkomunikasikan sesuatu. Filmcerita, iklan, media pembelajaran adalah contoh media audio-visual yang lebihmenonjolkan fungsi komunikasi. Media dokumentasi sering menjadi salah satuelemen dari media komunikasi. Karena melibatkan banyak elemen media, maka produk audio-visual yang diperuntukkan sebagai media komunikasi kini seringdisebut sebagai multimidia.
KELEBIHAN DAN KELEMAHAN MEDIA ( AUDIO, CETAK, FOTO/GAMBAR,VISUAL, DAN ONLINE)1. MEDIA SUARA/AUDIO (RADIO)Media suara atau audio identik dengan media radio yang memang pendengarnya hanya bisamenikmati suara saja tanpa ada visualisasi ataupun teks.Kelebihan Media suara atau audio (Radio) adalah:a) dalam hal penyampaian informasi atau berita lebih cepat bahkan bisa saat itu juga. b) Biasanya media ini bisa dinikmati sambil melakukan aktifitas yang lainnya. Jadi pendengar tidak harus memantau di depan radio, tetapi bisa menemani aktifitas pendengarnya di mana pun.c) Biaya produksi ataupun biaya yang diperlukan khalayak untuk mendengarkan radio relatif murah, bahkan bisa di dengar tanpa menggunakan listrik tetapi menggunakan baterai. Halinilah mengapa sampai sekarang radio masih digemari oleh khalayak apalagi yang ada di pedesaan.d) Pendengar yang buta huruf pun bisa memahami apa yang disampaikan oleh siaran radio.Jadi khalayak yang tidak berpendidikan pun bisa menikmati media ini, berbeda dengan koranyang memang khalayaknya harus bisa membaca.e) Bahasa yang digunakan bersifat bahasa tutur, jadi mudah dimengerti oleh pendengarnya.f) Pendengar tidak terbatas baik dari segi umur, pendidikan, wilayah dan sebagainya.Meskipun sekarang sudah banyak radio yang tersegmentasi.Adapun untuk kekurangan Media suara atau audio ( Radio ) adalah:a) informasi yang disampaikan hanya sekilas dan tidak bisa diulang, jadi pendengar tidak  bisa mengerti secara detail tentang berita yang disampaikan, karena memang bahasanyasederhana dan tidak didukung oleh visualisasi. Pendengar hanya bisa membayangkan saja. b) Jumlah berita yang disampaikan oleh radio terbatas, tidak sebanyak media cetak( koran).Dalam waktu satu jam mungkin hanya tersaji 2 atau 3 berita, itu pun berita yang paling penting dan sensasional.c) Karena radio penyebarannya melalui alat pemancar, maka khalayak pun juga hanya bisamenikmati radio selama terjangkau oleh daya pancar radio tersebut. Apalagi kalau cuaca
Pengertian Media Komunikasi dan Audio-Visual
Media berarti wadah atau sarana. Dalam bidang komunikasi, istilah media yang sering kita sebut sebenarnya adalah penyebutan singkat dari media komunikasi. Media komunikasi sangat berperan dalam mempengaruhi perubahan masyarakat. Televisi dan radio adalah contoh media yang paling sukses menjadi pendorong perubahan. Audio-visual juga dapat menjadi media komunikasi. Penyebutan audio-visual sebenarnya mengacu pada indra yang menjadi sasaran dari media tersebut. Media audiovisual mengandalkan pendengaran dan penglihatan dari khalayak sasaran (penonton). Produk audio-visual dapat menjadi media dokumentasi dan dapat juga menjadi media komunikasi. Sebagai media dokumentasi tujuan yang lebih utama adalah mendapatkan fakta dari suatu peristiwa. Sedangkan sebagai media komunikasi, sebuah produk audio-visual melibatkan lebih banyak elemen media dan lebih membutuhkan perencanaan agar dapat mengkomunikasikan sesuatu. Film cerita, iklan, media pembelajaran adalah contoh media audio-visual yang lebih menonjolkan fungsi komunikasi. Media dokumentasi sering menjadi salah satu elemen dari media komunikasi. Karena melibatkan banyak elemen media, maka produk audio-visual yang diperuntukkan sebagai media komunikasi kini sering disebut sebagai multimedia.

http://ridaku.googlepages.com/tabelelemenmultimedia.png

Pada masyarakat yang masih terbelakang (belum berbudaya baca-tulis) elemenelemen multimedia tidak seluruhnya secara optimal menunjang komunikasi. Masyarakat terbelakang hanya mengenal gambar dan suara. Pada masyarakat modern seluruh elemen multimedia menjadi sangat vital dalam membangun kesatuan dan memperkaya informasi. Suara, teks, gambar statis, animasi dan video harus diperhitungkan sedemikian rupa penampilannya, sehingga dapat menyajikan informasi yang sesuai dengan ciri khas masyarakat modern yakni efektif dan efisien. Untuk kepentingan efektifitas dan efisiensi inilah kemudian muncul istilah multimedia yang bersifat infotainment (informatif sekaligus menghibur) dan multilayer (beberapa lapis tampil pada saat yang sama). Saat menyaksikan tayangan TV masyarakat telah terbiasa melihat sinetron sambil mencermati tambahan berita dalam bentuk teks yang bergerak di bagian bawah layar TV, dan sesekali melirik logo perusahaan TV di pojok atas.




                                                                                                                        

0 komentar:

Posting Komentar